Island of Java

Island of Java

Pulau Jawa mempunyai sejarah pemerintahan dan perkembangan kehidupan masyarakat yang unik dan menarik. Mulai dari era koloni Portugal-Belanda-Inggris-Belanda-Jepang, catatan tentang masyarakat Jawa selalu menarik untuk dibaca. Sayangnya, ragam kehidupan yang begitu menarik tersebut jarang dicatat dalam sebuah catatan historis yang mumpuni. Untungnya buku ini hadir. Ditulis berdasarkan pengamatan terhadap penaklukkan Jawa oleh Inggris, Stockdale mengajak kita bertamasya ke dalam sebuah mesin waktu yang melewati lorong-lorong berceritakan eksotisme masyarakat Jawa di masa lampau.

Sebagai naskah asli yang diterbitkan tahun 1811, The Island of Java ini adalah karya populer pertama dalam Bahasa Inggris yang menjabarkan sebuah pulau yang dikenal selama berabad-abad sebagai pulau yang dikenal sebagai pulau paling penting di Negara Kepulauan Indonesia. Buku ini terbit lebih awal beberapa tahun sebelum karya-karya tentang Jawa lainnya seperti The Conquest of Java (1815) oleh Major William Thorn dan History of Java (1817) oleh Thomas Stamford Raffles.

Naskah Bercerita tentang Jawa

Buku yang merupakan salah satu warisan terhebat tentang Jawa ini menggambarkan secara jelas, sebagai hasil pengamatan nyata pada abad ke-18 dan ke-19, merentang mulai dari ekologi, sejarah dan kebudayaan Jawa. Termasuk pula di dalamnya metode pemerintahan dan perpajakan serta hukum Kompeni di atas Jawa. Juga tentang benteng-benteng yang dibangun di Batavia, tentang para raja Jawa dan perseteruan mereka, tentang masyarakat China yang hidup di Jawa, tentang Ronggeng, sampai tentang Pohon Beracun yang melahirkan racun bernama Upas.

Anda akan diajak berpetualang menyusuri daratan Jawa dan sebagian pulau lain pada dua abad penting. Membaca buku ini serupa menonton film klasik tentang sejarah, kebudayaan dan alam Jawa yang begitu mempesona. Pembawaan gaya kepenulisan yang mengalir seperti menulis buku harian, Stockdale mencoba menceritakan kisah perjalanannya dengan apik.

Kisah Perjuangan dan Penghianatan dari Pribumi

Awalnya buku yang ditulis oleh John Joseph Stockdale ini diterbitkan pada tahun 1811. Island of Java adalah karya populer pertama dalam bahasa Inggris yang menggambarkan apa yang selama berabad-abad merupakan pulau terpenting di kepulauan Indonesia yang luas.

Buku Island of Java populer karena memuat ‘wajah’ Pulau Jawa secara implisit. Seperti kebanyakan karya kolonial, Island of Java menceritakan segala sesuatu yang diketahui pada masa itu tentang pulau dan penduduknya. Penjelasan rinci diberikan tentang ekologi, sejarah dan budaya Jawa, termasuk metode upeti dan perpajakan yang digunakan oleh penjajah Belanda dan desain benteng di sekitar Batavia (kini menjadi DKI Jakarta).

Gaya kepenulisan Stockdale menyerupai seorang wisatawan yang sedang mengulas apa yang dialaminya di lokasi kunjungannya. Apa yang dirasakan dan dilihat dituangkan dalam jurnal harian Stockdale. Tidak luput tentang kisah perjuangan serta penghianatan bangsa sendiri yang ia saksikan. Betapa berat para pribumi menanggung pajak-pajak dan tekanan dari para pemangku dan abdi negara yang disokong oleh penjajah dari bangsanya.

Kepenulisan Stockdale yang objektif dapat dirasakan pada setiap penekanan katanya. Dia menghindari berafeksi terhadap objek yang ditulisnya. Pun sebagai bagian dari pendatang, Stockdale menjaga jarak dengan pemerintahnya guna objektivitas kepenulisannya. Hal tersebut terlihat sekali.

Stockdale memposisikan dirinya sebagai traveller dalam kepenulisannya pada buku Island of Java.

Tinggalkan Balasan

×

Halo!

Klik salah satu kontak kami melalui Whatsapp Business atau surel admin@literansel.id

×